Anggota Satlantas Polres Matim saat mengamankan sepeda motor pelajar yang hendak konvoi usai Ujian Nasional, Kamis (19/3/2020)

Borong, Ekorantt.com-  Suasana jalan utama Peot-Kembur di ibu kota Manggarai Timur tampak ramai pada Kamis siang (19/3/2020). Sejumlah pelajar berseragam SMA tampak hilir mudik di jalur itu.

Sebagian dari pelajar itu menggunakan seragam yang sudah dicoret-coret dengan cat pilox . Mereka adalah pelajar yang baru selesai mengikuti Ujian Nasional (UN).

Di dekat kantor Badan Pusat Statistik di jalur Peot-Kembur, terlihat segerombolan pelajar sedang berkumpul dan bersiap-siap untuk melakukan konvoi menggunakan sepeda motor. Ada bebera dari pelajar itu, sebelumnya sudah kebut-kebutan di jalur tersebut.

Namun, niat sejumlah pelajar itu untuk melakukan konvoi,  batal, setelah mobil patroli Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Matim muncul dari arah selatan dan berhenti di dekat kerumunan sejumlah pelajar tersebut.

Melihat mobil patroli polisi, sebagian dari pelajar-pelajar yang sedang berkerumun itu pun lari berhamburan, meninggalkan beberapa sepeda motor mereka.

KBO (Kaur Bin Ops) Lalu Lintas Ipda Aris Ahmad dan beberapa anggota Satlantas terlihat turun dari mobil patroli dan mendekati beberapa pelajar yang masih beridiri.

Setelah mendapat informasi bahwa sepeda motor yang ada di tempat kerumunan sejumlah pelajar yang lari berhamburan itu adalah kendaraan yang hendak digunakan untuk konvoi, anggota Satlantas Polres Manggarai Timur pun mengamankannya.

“Kami melakukan giat patroli ke wilayah Peot ini, dan berhasil menghalau dan membubarkan kerumunan anak-anak sekolah yang berkumpul di pinggir jalan untuk kebut-kebutan. Ada 11 unit motor yang  kami amankan,” kata Ipda Aris kepada Ekora NTT.

Ipda Aris mengimbau kepada seluruh pengendara sepeda motor di Matim untuk tetap menjaga keamanan, keselamatan dan ketertiban dalam berlalulintas.

“Jangan melakukan konvoi serta kebut-kebutan karena sangat mengganggu keselamatan pengguna jalan lain dan keselamatan diri sendiri,” ujarnya.

Ia meminta agar pengendara selalu mematuhi aturan lalu lintas.

“Gunakan helm selama mengendarai sepeda motor,” katanya.

Bagi sejumlah pelajar yang terjaring dalam patroli tersebut, kata dia, pihaknya akan memangil orangtua mereka untuk diberi pengertian.

Selain pelajar, dalam patroli itu juga, Satlantas Polres Matim menjaring beberapa sepeda motor yang pengendaranya tidak mengenakan helm dan tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM).

Ambrosius Adir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here