‘Detusoko Rest Area’ Siap Jadi Tempat ‘Display’ Produk Wisata Desa

Ende, Ekorantt.com – Taman Nasional (TN) Kelimutu mendukung potensi agrowisata Detusoko sebagai salah satu desa penyangga Kelimutu. Kali ini, dukungan itu ditunjukkan lewat pembangunan Detusoko Rest Area.

TN Kelimutu mendukung Detusoko Rest Area sebagai tempat untuk display aneka produk wisata desa sekaligus juga sebagai pusat informasi wisata desa dan sebagai tempat untuk istirahat sejenak bagi para pengunjung dari Ende dan Maumere menuju Kelimutu.

Demikian disampaikan Kepala Seksi PTN Wilayah 2 Detusoko, Yohanes Berchmans Fua dalam kegiatan sosialisasi ekowisata dan penguatan kelembagaan yang berlangsung di Kantor Desa Detusoko Barat baru-baru ini.

Kegiatan ini diikuti 30-an peserta dari berbagai unsur seperti; BPD, Kepala Dusun, kelompok RMC, Bumdes, Tokoh muda, dan juga perwakilan tokoh masyarakat.

Berchmans Fua menuturkan bahwa TN Kelimutu mendukung usaha masyarakat dalam mengembangkan potensi yang sudah ada. Detusoko sudah memiliki aneka produk seperti Kopi Detusoko, Selai Kacang, Selai Lemon, Beras Hitam sebagai produk lokal masyarakat, juga memiliki kelompok pemberdayaan yakni RMC Detusoko.

iklan

Semantara itu Kades Detusoko Barat, Nando Watu mengapresiasi langkah TNK yang sudah memperhatikan dan mendukung Detusoko sebagai desa wisata.

“Kami bersyukur karena TN mendukung kelompok RMC Detusoko sebagai kelompok penerima manfaat untuk membangun satu unit rest area. Kami di desa sudah ada 17 Homestay, produk lokal sebagai oleh oleh di desa dan sudah ada Bumdes Au Wula yang bergerak di bidang perdagangan dan pariwista. Selain itu juga sudah memiliki website sebagai sarana promosi wisata Decotourism.id. Ini adalah elemen pendukung di masyarakat yang sudah ada dan pembangunan Detusoko Rest Area sungguh mendukung konsep desa wisata Detusoko,” jelas Nando.

Dalam sosialisasi ini masyarakat diberikan pengetahuan mendasar tentang konsep Ekowista, apa yang perlu dipersiapkan oleh masyarakat di destinasi, juga pengetahuan tentang kelembagaan dan penyusunan rencana kerja kelompok.

Sosialisasi ekowista desa ini merupakan kerja sama TN Kelimutu dengan Pemerinntah Desa Detusoko Barat.

TERKINI
BACA JUGA