Penyediaan Air Bersih Tujuh Desa di Nagekeo Jadi Prioritas

Mbay, Ekorantt.com – Pembangunan infrastruktur air bersih menjadi program prioritas pihak Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, NTT. Setidaknya, terdapat tujuh desa di wilayah setempat yang masih kesulitan air bersih.

Adapun tujuh desa yang disebut saat rapat pra Musrembang yakni Desa Rendu Butowe, Desa Rendu Tutubhada, Desa Ngegedhawe, Desa Rendu Teno, Desa Tengatiba dan Desa Rendu Wawo serta Desa Wajomara.

“Penyediaan air bersih kita dorong menjadi program prioritas pertama oleh Kecamatan Aesesa Selatan. Usulan ini nanti masuk dalam rancangan RKPD Kabupaten Nagekeo tahun 2022 nanti,”tutur Camat Aesesa Selatan, Ishak J Bebi saat Rapat Pra Musrembang Kecamatan setempat pada Kamis (25/02/2021) di Rendu.

Ia menyebutkan terdapat beberapa sumber mata air yang menjadi potensi yakni mata air Napukere, Taba Lape dan sumber mata air Napunipa. Tiga mata air ini disebut dapat menopang kurang lebih 8000 penduduk di wilayah setempat, selain penyuplaian air minum dari Kelimado, Kecamatan Boawae.

Camat Ishak menambahkan potensi-potensi sumber mata air tersebut tentunya akan dikaji secara teknis sesuai kebutuhan masyarakat.

iklan

“Karena kebutuhan air ini sangat menyentuh dengan kehidupan masyarakat maka kita akan dorong ini menjadi program prioritas kecamatan,”katanya.

Sekretaris Desa Wajomara, Will Lakimara menyatakan program penyediaan air bersih selalu diusulkan pada setiap kali Musrembang namun belum diakomodir. Menurutnya, masalah air bersih dapat memberi dampak yang komprehensif.

“Bicara mengenai stunting juga tidak terlepas dengan air bersih. Jadi, memang faktanya wilayah Aesesa Selatan identik dengan permasalahan air bersih. Persoalan air bersih juga bisa mempengaruhi faktor-faktor sosial lainnya,”kata Will.

Ia berharap penyediaan air bersih yang masuk dalam program prioritas Kecamatan Aesesa Selatan dapat terealisasi pada tahun 2022 nanti. Harapan ini ia sampaikan mengingat beberapa wilayah memiliki potensi wisata yang bakal dikembangkan pada waktu-waktu mendatang.

Ian Bala

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA