Wabup Ngada Resmikan Pamsimas di Desa Benteng Tawa I

Bajawa, Ekorantt.com – Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena, meresmikan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) III tahun anggaran 2021 di Dusun Mbazang, Desa Benteng Tawa I, Kecamatan Riung Barat.

Kegiatan peresmian tersebut bertepatan dengan 101 kerja dirinya bersama Bupati Ngada, Andreas Paru.

Saat itu, Wabup Raymundus mengpresiasi atas partisipasi dan swadaya masyarakat dalam menyukseskan kegiatan Pamsimas ini.

“Saya minta kepada dinas teknis agar gelontorkan lagi anggaran untuk sambungan rumah, sehingga masyarakat di Desa Benteng Tawa I ini semua terlayani air bersih,” ujar Wakil Bupati Ngada Raymundus pada Jumat (30/07/2021).

Menurutnya, pemerintah akan mendorong sharing anggaran untuk perluasan jaringan air bersih. Dengan demikian, pemerintah akan pastikan bahwa semua wilayah atau desa di Kabupaten Ngada tidak ada lagi yang mengeluh karena kekurangan air bersih.

iklan

“Walauapun merek politik kami itu Tante Nela Paris, tetapi di dalamnya juga tetap memprioritaskan infrastruktur dasar seperti air bersih,” tutur dia.

Sementara itu, Anggota DPRD asal Riung Barat, Yohanes Donbosco Ponong, mengatakan spirit dari program Pamsimas ini adalah masyarakat sebagai pelaku utama dan penanggungjawab kegiatan.

Politisi PAN yang biasa disapa Bosco ini menambahkan, Pamsimas bakal membantu mewujudkan kegiatan di desa yang berkaitan dengan sanitasi total berbasis masyarakat dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Oleh karena itu, dirinya berharap agar masyarakat mesti menjaga dan harus ada perasaan memiliki terhadap sarana air bersih yang sudah dibangun ini, mengingat cakupan perhatian pemerintah tingkat daerah itu sangat besar karena tidak hanya mengurus Desa Benteng Tawa I saja.

“Indeks pembangunan manusia akan diukur dari derajat kesehatan masyarakat dan peningkatan derajat kesehatan tersebut diukur dari perlaku hidup bersih dan sehat, tentunya air bersih menjadi sala variabel utama,” ujar Bosco.

Semantara itu, Kepala Desa Benteng Tawa I, Yoseph Panas, mengatakan swadaya masyarakat terhadap program Pasimas ini sebesar Rp 70 juta.

Ia menyatakan sejak awal kepemimpinannya, dirinya memiliki visi yang kuat terhadap program STBM dan PHBS. Hal ini dibuktikan selama kurang lebih lima tahun ia menjabat banyak alokasi anggaran untuk perluasan jaringan air bersih, rumah sehat dan jamban sehat untuk masyarakat.

“Sehingga bila dipersentasekan saat ini sudah 80℅ (delapan puluh persen) masyarakat Besa Benteng Tawa I yang memiliki rumah sehat dan jamban sehat karena sentuhan dana desa,” ujarnya

Menurut kades jebolan Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero ini, tahapan peresmian dan serah terima ini merupakan tahapan yang harus dilewati setelah terjadi surat pertanggungjawaban (spj) di tingkat desa.

“Tentunya sebagai kepala desa mewakili seluruh masyarakat Desa Benteng Tawa I, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada bapak Wakil Bupati Ngada yang sudah hadir secara langsung meresmikan dan menyerahkan dokumen Pamsimas III kepada Desa Benteng Tawa I. Kami juga akan dengan senang hati menanti janji dari Wabup tadi berkaitan dengan tambahan anggaran untuk sambungan rumah,” kata Kades Jose.

Lanjutnya, setelah ini agar Pamsimas ini ada keberlangsungan manajemen dan mendatangkan pendapatan asli desa (PAD) dirinya bersama BPD akan membuat peraturan desa (Perdes) tentang Pamsimas.

Belmin Radho

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA