Desa Ulupulu 1 Gelar Pemilihan Anggota BPD, Warga Antusias Salurkan Hak Suaranya

Mbay, Ekorantt.com – Warga Desa Ulupulu 1, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo nampak antusias menyalurkan hak suara dalam pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa [BPD] yang digelar pada Senin, [18/10/2021]. Pelaksanaan pemilihan anggota BPD saat ini sedang berlangsung di Aula Kantor Desa Ulupulu 1.

“Iya, hari ini kami datang untuk ikut memilih anggota BPD. Karena BPD juga bagian dari pemerintahan desa yang turut membangun desa kami,” ujar Sofia Sola, warga Pagooga-B pada sela-sela kegiatan pemilihan BPD.

Sementara warga lain, Anselmus Djago berharap agar anggota BPD yang terpilih turut serta membangun desa itu ke arah yang lebih baik. “Kami juga harap bisa salurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintah desa,”tutur Alsemus.

Ketua Panitia Pengisian BPD Desa Ulupulu 1, Adrianus Maku menyatakan pemilihan anggota BPD untuk periode 2021-2027 tersebut sudah melalui beberapa tahap mulai dari penjaringan, sosialisasi hingga pemilihan hari ini.

Proses pengisian anggota BPD, kata Adrianus, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri [Permendagri] Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD.

iklan

“Tahap-tahap pemilihan sudah dilakukan mulai dari penjaringan, sosialisasi hingga proses pemilihan hari ini. Kami panitia tentunya menjalani berdasarkan regulasi yang ada,” kata Adrianus, diawal acara pemilihan.

Ia berharap agar masyarakat dapat menyalurkan hak suara sesuai hati nurani baik calon dari keterwakilan wilayah maupun calon keterwakilan perempuan.

Adapun 16 orang yang sudah dinyatakan calon BPD sesuai persyaratan diantaranya, 14 orang calon keterwakilan wilayah dan 2 orang calon keterwakilan perempuan.

“Jadi untuk pemilih perempuan ada dua surat suara. Satunya untuk pengisian [BPD] keterwakilan perempuan dan satunya untuk keterwakilan wilayah. Proses pemilihan akan berakhir pada pukul 13.00 WITA dan selanjutnya proses perhitungan,” tutur Adrianus.

Kepala Desa Ulupulu 1, Emilianus Meze menyatakan proses pemilihan utusan masyarakat menjadi BPD [Badan Permuyawaratan Des] adalah mereka-mereka yang telah melalui semua tahapan berdasarkan peraturan.

Emilianus pun mengingatkan kepada masyarakat agar tetap taat protokol kesehatan [prokes] Covid-19 sebagaimana sering diimbau oleh pemerintah

“Diharapkan para BPD terpilih nanti menjadi mitra pemerintah yang bijak, dan juga merupakan wakil dari masyarakat yang berjuang dan berpihak pada kebenaran, BPD yang kritis, tegas lugas, serta solutif,” tutur Emilianus

Ian Bala

TERKINI
BACA JUGA