Peringati Coral Triangle Day 2022, PLN Gandeng BKKPN Gelar Aksi Lestarikan Ekosistem Laut

Kupang Ekorantt.com – Untuk memperingati Coral Triangle Day 2022 yang jatuh pada tanggal 9 Juni, PT PLN bersama Kemenetrian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Balai Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang melakukan aksi bersama.

Aksi bersama ini tampak dalam kegiatan bersih pantai, transplantasi karang, dan edukasi bagi warga di Pantai Oesina, Desa Lifoleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Effendi Kurnianto selaku Manager Unit Pelaksana Proyek 3, Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk komitmen PLN dalam mendukung tercapainya SDG’s (Sustainable Development Goals) dengan turut andil menjaga ekosistem laut.

Pose bersama dalam kegiatan Peringati hari Coral Triangle Day tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 9 Juni/Ekora NTT

Effendi menjelaskan peringatan Coral Triangle Day 2022 ini diisi juga dengan kegiatan penanaman bibit terumbu karang, di mana terumbu karang ini dipasang pada besi berbentuk spider yang berjumlah 50 unit atau sebanyak 300 bibit terumbu karang.

“PLN tidak hanya semata-mata melaksanakan bisnis kelistrikan, dan tugas kami membangun infrastruktur kelistrikan, tetapi kami juga memiliki kewajiban untuk turut andil dan mengambil peran dalam menjaga ekosistem, dan lingkungan sekitar,” ujar Effendi.

iklan

Efendi mengatakan Pantai Oesina merupakan wilayah yang berdekatan dengan lokasi pembangunan PLN yakni PLTU Timor 1 dan PLTMG Kupang Peaker.

Momen sambutan dalam Peringatan Coral Triangle Day2 2022 mengangkat tema Sustaining Coral Triangle Ecosystems through Blue Economy/Ekora NTT

Effendi menegaskan kegiatan konservasi terumbu karang ini menjadi bagian dari komitmen PLN untuk menjaga ekosistem yang merupakan salah satu komponen sumber daya pesisir dan laut.

“Tentunya akan menjadi rumah bagi ikan, sehingga ke depan dapat menjaga hasil tangkapan nelayan sekitar,” tutur Effendi

Sementara itu, Muhammad Ramli selaku Koordinator Program dan Evaluasi BKKPN Kupang pada kesempatan yang sama menyampaikan, Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan bagian dari wilayah Segi Tiga Terumbu Karang Dunia (Coral Triangle) yang memiliki sebaran tutupan terumbu karang dan keanekaragaman hayati spesies yang tinggi.

Peringatan Coral Triangle Day tahun ini mengangkat tema Sustaining Coral Triangle Ecosystems through Blue Economy/Ekora NTT

“Peringatan Coral Triangle Day tahun ini mengangkat tema Sustaining Coral Triangle Ecosystems through Blue Economy. Kita semua diwajibkan menjaga kelestarian terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan,” ucap Ramli.

Pada tahap berikutnya, tutur Ramli PLN yang berkolaborasi dengan BKKPN Kupang akan melaksanakan penanaman lanjutan sejumlah 100 spider atau 600 bibit terumbu karang.

“Kegiatan pengawasan konservasi secara berkala dan tentunya pemeliharaan yang intensif untuk memastikan terumbu karang tumbuh dengan baik dan maksimal akan kita lakukan,” tutup Ramli.

Peringatan Coral Triangle Day 2022 ini dihadiri oleh unsur PLN, BKKPN, kelompok penggiat lingkungan dan warga dari desa sekitar.

TERKINI
BACA JUGA