Sentil Usaha Laundry Nazif di Kota Uneng Maumere

Maumere, Ekorantt.com – Bisnis jasa Laundry Nazif di Kota Uneng, Maumere, Kabupaten Sikka semakin dikenal masyarakat hingga pada akhir pekan mendapat banyak layanan.

Hal ini diakui Muhammad Ali, pemilik Laundry Nazif yang berlokasi di Kota Uneng, kala Ekora NTT menyambangi kediamannya pada Selasa (16/8/2022).

Ali bersyukur ketika Ekora NTT menemuinya dan menyentil soal bisnis jasa laundry-nya. Ia bilang, jasa laundry sudah perlahan jadi usaha yang menjanjikan.

“Normalnya setiap hari pesanan berkisar 40-50 kiloan. Tetapi jika akhir pekan naik 25 persen sehingga mencapai 60-70 kilo,” ujarnya.

Naiknya pesanan, akui ayah satu orang anak ini, karena customer kebanyakan orang pekerja kantoran maupun swasta yang mempersiapkan pakaiannya untuk awal pekan.

iklan
Laundry Kiloan Nazif di Kota Uneng Maumere-Yuven Fernandez-Ekora NTT

Dijelaskannya, bisnis usaha laundry kiloan merupakan jasa pencucian pakaian yang nilai jasanya dihitung berdasarkan berat cucian dalam kilogram.

“Tarif yang ditetapkan untuk cuci komplit sebesar Rp8.000 per kilo, sedangkan cuci kering Rp6.000,” ungkapnya.

Usaha laundry ini, lanjutnya, mempekerjakan 7 karyawan dengan melayani cuci pakaian komplit berupa cuci dan seterika, cuci kering, dan cuci basah. Selain itu, pihaknya juga melayani cuci tas, spring bed, sofa, karpet, sepatu, sprai, dan boneka.

Menyinggung tips agar pelanggan awet, Sarjana Hukum Islam jebolan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya mengatakan kepuasan pelanggan harus nomor satu.

“Tumpukan pakaian dari berbagai pelanggan harus diselesaikan sesuai jadwal atau waktu yang diminta pelanggan,” tegasnya.

Ali bilang, ketatnya persaingan karena bisnis usaha laundry mulai menjamur di kota Maumere menuntut dirinya untuk menerapkan cara kerja kreatif.

“Layanan delivery dengan sistem jemput bola dan layanan paket bulanan berupa kuota 50 kg cuci komplit masa 1 bulan cukup dibayar Rp350.000. Itu yang diterapkan selama ini,” pungkas Ali.

Ketika ditanya tentang pemasukan dari usahanya, Muhammad dengan nada merendah mengatakan hanya untuk menopang ekonomi keluarga dan gaji karyawan.

“Karena ini usaha jasa jadi pemasukan tiap hari dan tiap bulan tidak menentu. Tapi lumayan,” katanya.

Salah satu pelanggan yang telah menggunakan jasa Laundry Nazif sejak tahun 2016, Netty da Lopez mengemukakan keunggulan dari Laundry Nazif adalah bersih dan tepat waktu.

“Saya biasa laundry kain sprai dan gorden dan cucinya bersih dan tepat waktu pengambilan. Dan yang lebih bagus lagi disemprot dengan pewangi pakaian. Pelayanan bagus sekali,” ujar Pekerja swasta ini.

Sementara Kadis Perindag dan UMKM Kabupaten Sikka Yosef Benyamin kepada Ekora NTT mengatakan, bisnis laundry sudah menjadi salah satu usaha jasa yang sungguh menjanjikan, apalagi di kota Maumere saat ini.

“Para pengelola bisnis laundry harus menginformasikan pelayanan seperti apa kepada masyarakat umum sehingga tidak hanya menjangkau pelanggan golongan menengah ke atas,” saran Kadis Yos.

Ia berharap pihak pengelola laundry menjalin kerja sama dengan pengelola hotel sehingga tidak hanya menawarkan jasa untuk pelanggan tapi juga untuk tamu hotel.

Untuk diketahui, Laundry Nazif ini mulai beroperasi sejak tahun 2015 atau 7 tahun silam dan berlokasi di Jalan Don Juang, Kota Uneng Maumere.

“Saya buka usaha ini mulanya hanya mau membantu orang yang sibuk kerja dan tidak punya waktu untuk mencuci pakaiannya,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA