83 Desa di Ende Siap Gelar Pilkades Serentak, Dua Desa Ditunda

Ende, Ekorantt.com – Dua dari 83 desa di Kabupaten Ende, NTT yang siap menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2022 terpaksa ditunda.

Penundaan akan terjadi lantaran dua desa yakni Desa Numba di Kecamatan Wewaria dan Desa Pemo di Kecamatan Kelimutu sedang menjalani ritual adat.

“Jadwalnya sudah final tanggal 25 Oktober. Ada dua desa yang minta ditunda dan sudah ada surat ke Bapak Bupati,” ujar Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sukri Abdul Gani di Kantor Bupati Ende, Kamis.

Kedua desa tersebut baru bisa melaksanakan pilkades pada Jumat, 28 Oktober, kata Sukri. Sedangkan saat ini proses pilkades serentak sedang dalam tahapan penetapan calon.

Demi menciptakan pilkades damai, Sukri meminta seluruh pihak yang terlibat dalam pilkades serentak untuk bekerja profesional, jujur, dan transparan.

iklan

Sukri menyebutkan, sebanyak 160 personil dari kepolisian dan aparat Satpol PP akan mengamankan jalannya pilkades serentak di Kabupaten Ende.

Bupati Ende Djafar Achmad mengatakan saat pilkades berlangsung, pegelaran turnamen sepak bola antar kecamatan akan dihentikan selama tiga hari.

“Kita sudah putuskan tiga hari jeda dari tanggal 24 sampai 26 Oktober, agar tidak mengganggu keterlibatan warga dalam pilkades serentak kali ini,” kata dia.

TERKINI
BACA JUGA