Untuk Manajemen Diri, 125 Mahasiswa Teknik Sipil Unika Ruteng Ikut LKMM-TD

Ruteng, Ekorantt.com – Sebanyak 125 mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Unika Santu Paulus Ruteng mengikuti kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) pada Sabtu (19/11/2022).

Ketua Prodi Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng, Gusti Made Bagus Baskara mengemukakan tujuan kegiatan supaya mahasiswa mampu memanajemen diri dengan sebaik-baiknya.

“Mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu menjadi pemimpin yang baik, namun dapat memanajemen waktu dengan seefektif mungkin dan mampu mengambil keputusan secara bijak dan penuh pertimbangan yang objektif,” ungkapnya.

“Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini, Prodi Teknik Sipil mampu mencetak calon-calon yang berkualitas unggul sebagai penerus organisasi mahasiswa di kampus maupun lainnya,” sambungnya.

Sementara itu, Moderator HMPS Teknik Sipil, Antonius Walfino Teja menjelaskan, LKMM-TD merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh HMPS Teknik Sipil Unika Santut Paulus Ruteng.

iklan

Melalui pelatihan, mahasiswa sangat diharapkan menjadi pribadi yang berintelektual dan mampu bertanggung jawab terhadap implementasi nilai-nilai pendidikan dan moral.

“Artinya ada dua hal yang perlu diimplementasikan, yaitu pendidikan terkait ilmu dan kemampuan dan moral terkait sikap dan hati,” ujarnya.

Sejauh pengamatan Antonius, kedua hal tersebut harus sejalan sehingga adanya keseimbangan antara pikiran dan perbuatan.

“Kali ini HMPS meminta kesediaan narasumber yang sangat luar biasa dari Manggarai Barat, Manggarai Timur, dan Manggarai dengan harapan dapat memotivasi dan mendorong tercapainya tujuan kegiatan LKMM-TD ini,” tutupnya.

Labih jauh Ketua Pelaksana, Jackson Kunang mengatakan, kgiatan LKMM-TD merupakan kegiatan kemahasiswaan dengan tujuan membentuk karakter yang berintelektual dan mampu berinteraksi.

“Saya harap dalam kegiatan ini bisa menjadi acuan dan menjadi motivasi kepada teman-teman,” tandasnya.

Kegiatan ini bertajuk ‘Menjadi Pribadi yang Berintelektual dan Mampu Bertanggung Jawab terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan dan Moral’ itu berlangsung di Aula Lantai V GUT Unika Santu Paulus Ruteng.

Ada empat pembicara dalam kegiatan ini, di antaranya Richard T Sontani, Sekretariat Dinas Bina Marga, Bina Konstruksi, Perhubungan Manggarai Barat, Yoseph Marto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manggarai Timur, Tiransius K Otwin Wisang, Pegiat Seni Rupa dan Pendiri Komunitas ‘Le Gejur’ Ruteng, Aurelius Hubertus Endo, Direktur Perumda Air Minum Mbeliling Labuan Bajo, dan Amandus H Wanto Galus, Konsultan Proyek Konstruksi/Praktisi Teknik Sipil.

TERKINI
BACA JUGA