Tiga Delegasi Negara Tiba di Labuan Bajo Jelang KTT ASEAN

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Tiga delegasi negara telah tiba di Labuan Bajo untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN pada 9-11 Mei 2023.

“Vietnam, Brunei, dan Malaysia. Kemudian, esok ada datang lagi,” kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina di sela-sela penyelenggaraan pesta rakyat di Labuan Bajo, Minggu, 7 Mei 2023.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo, kata Shana, juga telah tiba di Bandara Internasional Komodo pada Minggu, 7 Mei 2023.

Ketibaan Presiden dan Ibu Iriana disimulasikan sebagaimana penyambutan para pemimpin ASEAN yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan digelar pada 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Dalam kesempatan tersebut, Presiden disambut jajar pasukan kehormatan dan tarian tradisional “Tiba Meka”.

Dalam penjelasannya kepada awak media selepas mengikuti simulasi penyambutan tersebut, Presiden Jokowi memastikan bahwa KTT ke-42 ASEAN siap dilaksanakan.
“Ya tinggal dua hari lagi, sudah siap, semuanya sudah siap,” ujar Presiden.

iklan

“Kemarin kita terakhir itu habis Lebaran sudah kita cek, semuanya sudah siap, artinya ini tinggal pelaksanaan,” tambahnya.

Menurut Presiden, saat ini seluruh jajaran pemerintah tengah berkonsentrasi pada penyelenggaraan KTT ASEAN. Selain itu, Presiden juga memandang baik keterlibatan aktif masyarakat Labuan Bajo dalam penyelenggaraan KTT ASEAN.

“Saya kira semuanya terlibat karena memang baik dalam penyambutan, baik dalam penyiapan kulinernya, baik dalam penyiapan homestaynya, semuanya, hotelnya, semuanya terlibat kan ya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Presiden menyebut bahwa penyelenggaraan ajang KTT ASEAN di Labuan Bajo merupakan kesempatan baik untuk mempromosikan destinasi wisata tersebut ke dunia internasional.

“Ini adalah momentum yang sangat baik kita adakan KTT ASEAN di Labuan Bajo itu untuk marketing Labuan Bajo supaya semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur,” tandasnya.

Turut menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana di Bandara Internasional Komodo yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selanjutnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA