Bupati Belu Ingatkan Penjabat Kades Atasi Ancaman Rawan Pangan di Desa

Atambua, Ekorantt.com Bupati Belu Agustinus Taolin mengingatkan para penjabat kepala desa terlantik untuk mengatasi ancaman rawan pangan di desa yang kian nyata di depan mata.

Penjabat kepala desa juga diminta menyelesaikan persoalan kemiskinan ekstrem, perubahan iklim yang tidak menentu,  hingga bencana alam.

“Sebagai pemimpin kita harus punya kewaspadaan dan tidak boleh diam, tetapi harus jemput bola. Jangan tunggu laporan dari masyarakat baru kepala desa bergerak,” katanya saat melantik 21 penjabat kepala desa di Gedung Wanita Betelalenok Atambua, Selasa, 16 Januari 2024.

Ia juga berpesan kepada para penjabat kepala desa yang adalah para pegawai negeri sipil (PNS) agar harus benar-benar bekerja dengan maksimal untuk meneruskan dan mendukung visi bupati dan wakil bupati Belu.

iklan

Menurut dia, penjabat kepala desa yang baru dilantik harus benar-benar memaknai amanah dari sebuah jabatan. Jabatan itu bukan sesuatu hal yang sederhana, tetapi sebuah salib atau beban yang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Ditambah lagi jabatan kepala desa sangat strategis, karena langsung berinteraksi dengan masyarakat. Sehingga melalui dana desa yang ada, penjabat kepala desa yang baru dilantik dapat menjalankan tugas sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Saya minta perhatikan masalah kemiskinan ekstrem, stunting, dan rawan pangan akibat serangan hama ulat dan lain-lain,” katanya.

Bupati Agus kemudian memberikan waktu kepada para penjabat kepala desa untuk selalu meningkatkan kinerja dan berpedoman pada pakta integritas.

“Jika kinerjanya baik maka dilanjutkan, jika tidak akan dievaluasi dan diganti,” tegasnya.

Dalam arahannya pula, Bupati Agus mengatakan, sebagai ASN yang memiliki tugas tambahan menjadi penjabat kepala desa dituntut harus mampu melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat.

“Dengan anggaran kurang lebih Rp70 miliar di 69 desa, dan masing-masing kurang lebih satu miliar akan memotivasi para penjabat kepala desa untuk bekerja keras dalam melayani masyarakat,” ujarnya

TERKINI
BACA JUGA