Romo Rolly Davinsi di tengah karya instalasi keseniannya “Di Meja Makan Kami”

Maumere, Ekorantt.com – Pameran seni rupa KAHE Exhibition: Anak dan Rumah yang berlangsung dari tanggal 1 sampai 14 Mei 2019 di Studio Maumere TV, Kelurahan Kota Baru, Maumere, menampilkan salah satu seniman yang merupakan imam Katolik dari Keuskupan Maumere.

Dia adalah Romo Rolly Davinsi yang saat ini mengabdikan diri sebagai pastor kapelan di Paroki St. Thomas Morus-Maumere.

Dalam pameran tersebut, Romo Rolly menampilkan kesenian instalasi bertajuk “Di Meja Makan Kami” yang di dalamnya terdapat properti peralatan makan dan pajangan karya-karya fotografi dia.

Waktu diskusi tentang proses kreatif penciptaan karya, Jumat (10/5), Romo Rolly  menjelaskan, makna instalasi itu merujuk pada peran penting meja makan sebagai pusat dari kehidupan rumah tangga atau keluarga.

Bahwasanya di meja makan, diskusi ataupun nasihat juga peneguhan antarsesama anggota keluarga bisa berlangsung intens.

“Karya ‘Di Meja Makan Kami’ ini sebenarnya lanjutan dari khotbah saya beberapa minggu lalu. Waktu itu saya katakan bahwa sekarang ini anggota-anggota keluarga cenderung untuk makan terpisah-pisah. Jarang duduk makan sama-sama di meja makan. Padahal, acara makan bersama itu bukan hanya soal kita duduk lalu makan dan selesai, tapi di situ ada nilai kebersamaan yang mau dibangun,” papar magister teologi dari Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero ini.

Menurut dia, pada era kemajuan dan perkembangan zaman sekarang, misi pastoral pun dituntut untuk mampu melakukan penyesuaian-penyesuaian.

Dan kesenian visual tentu saja dapat menjadi salah satu wadah pendukung penyebaran sabda Tuhan.

Apalagi Romo Rolly sendiri juga merupakan seorang fotografer sehingga dia dapat dengan mudah mewujudkan itu. Foto-foto jepretannya tak jarang mengandung makna juga berikan pesan tertentu.

Meskipun begitu, menurut pengakuannya, tugas kegembalaan sebagai seorang pastor tetap jadi keutamaan. “Kesenian ini hanya satu cara atau cara lain dalam menjalankan karya-karya pastoral saya. Lewat foto, misalnya, saya ingin mengajak orang untuk tidak hanya sekadar lihat keindahan tapi melakukan refleksi, merenungi kehidupan,” jelasnya.

Adapun karya-karya fotografi Romo Rolly sendiri dapat diintip pada akun facebook maupun instagram “Limaempat”.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here