Tiga Etnis di Ngada Warnai Karnaval Pembukaan Festival Wolobobo

Bajawa, Ekorantt.com – Tiga etnis yang berada di Kabupaten Ngada mewarnai karnaval pembukaan Wolobobo Ngada Festival (WNF) yang diselenggarakan sejak tanggal 14-24 September 2022 yang berpusat di Taman Kartini.

Ketiga etnis tersebut yakni etnis Ngadhu Bhaga dari Bajawa, etnis So’a dan etnis Riung. Mengenakan pakaian adatnya masing-masing, ketiga etnis ini berjalan dari lapangan Lebijaga dan menyusuri sejumlah ruas jalan dalam kota Bajawa dan berakhir di Taman Kartini.

Tiba di sana sejumlah etnis lantas mementaskan (display) tarian yang berasal dari etnis masing-masing.

“Sangat luar biasa kegiatannya, kita melihat sendiri bagaimana keberagamaan yang ada di Kabupaten Ngada,” ujar Doni, salah satu warga kota Bajawa.

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi generasi muda untuk lebih mengenal budaya yang ada di Ngada.

iklan

Sebelumnya, Bupati Ngada Andreas Paru dalam konferesi pers mengatakan kegiatan karnaval tersebut merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan Festival Wolobobo yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Ngada untuk mendorong wisatawan berkunjung ke Ngada.

“Dalam kegiatan ini akan memperlihatkan pakaian adat dari tiga etnis, yakni etnis Ngadhu Bhaga, So’a dan Riung,” ujar Bupati Andreas.

TERKINI
BACA JUGA