Labkesda Sikka Resmi Ditunjuk sebagai LRI TBC Wilayah Flores Lembata

Maumere, Ekorantt.com – Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Sikka resmi ditunjuk sebagai Laboratorium Rujukan Intermediate (LRI) Program Tuberkulosis (TBC).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus mengatakan, penunjukan laboratorium rujukan intermediate program TBC mengacu pada Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT.

“SK penunjukan sebagai LRI TBC ini dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, tanggal 12 Oktober 2022,” ujar Herlemus kepada Ekora NTT di ruang kerjanya, Jumat, 14 Oktober 2022

Labkesda ini, sambung Herlemus, akan melayani rujukan TBC untuk enam wilayah yakni, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ende, Kabupaten Ngada, dan Kabupaten Negekeo.

Sementara untuk Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat, rujukannya ke Provinsi NTT.

iklan

Sebelumnya, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo meresmikan gedung Labkesda Sikka pada Senin, 12 September 2022. Kala itu, ia meminta seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di Labkesda untuk menjaga semua fasilitas yang ada.

“Tenaga operator di setiap bidang harus mampu menjaga alat dan gedung dengan baik. Dan harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Bupati Robi.

Untuk diketahui UPTD Labkesda Sikka meliputi pemeriksaan mikrobiologi klinik, patologi klinik, kimia klinik, dan pemeriksaan antigen Covid 19

Sementara Laboratorium kesehatan masyarakat meliputi, pemeriksaan kimia lingkungan, mikrobiologi lingkungan, makan dan minuman.

Labkesda Sikka juga memiliki unit pengembangan obat tradisional dalam mendukung UMKM.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA