Pesan Rektor Unipa Maumere kepada Penerima Beasiswa: Gunakan Dana Secara Bertanggung Jawab

Maumere, Ekorantt.com – Rektor Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, Angelinus Vincentius menyerahkan secara simbolis beasiswa kepada mahasiswa Unipa di aula Nawacita,  Kamis, 4 Mei 2023. Diakui bahwa beasiswa merupakan bentuk dukungan serta keberpihakan kampus Unipa kepada mahasiswa.

“Kami berpesan, agar para mahasiswa yang resmi menerima pencairan dana beasiswa Bidikmisi, KIP-Kuliah, dan Beasiswa Bank Indonesia, agar memanfaatkan dana tersebut dengan penuh tanggung-jawab, secara cerdas dan bijaksana, yang bermanfaat untuk mendukung kelancaran studinya,” tandas Angelinus.

Ia menyebut, total mahasiswa Unipa penerima beasiswa sejak 2018 hingga 2022 mencapai 64,6 persen atau sebanyak 3.909 orang.

Ada yang menerima beasiswa prestasi. Ada pula yang menerima beasiswa jalur khusus untuk mahasiswa dengan kriteria keluarga ekonomi kurang mampu.

Adapun jenis beasiswa dan sumber dana beasiswa untuk mahasiswa Unipa selama empat tahun terakhir yaitu, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Ditjen Dikti, Beasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah juga dari Ditjen Dikti, Beasiswa dari Bank BNI, Beasiswa dari Kantor Pegadaian, Beasiswa dari Bank Indonesia, Beasiswa dari Gubernur NTT, Beasiswa dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka, dan Beasiswa dari Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa.

iklan

Angelinus mengatakan, total dana beasiswa yang disalurkan kepada mahasiswa lewat rekening lembaga Unipa sebesar Rp26.143.200.000. Sementara beasiswa yang disalurkan langsung ke rekening pribadi mahasiswa mencapai Rp4.468.800.000.

“Total keseluruhan dana beasiswa yang telah disalurkan kepada mahasiswa Unipa mencapai Rp30.612.000.000,” ujarnya.

Menurutnya, banyak mahasiswa Unipa bisa menikmati kemudahan sambil mengikuti perkuliahan, dengan mendapatkan uang saku (living cost) yang ditransfer langsung ke rekening pribadi mahasiswa.

Sebagai contoh, uang saku pribadi beasiswa KIP-Kuliah sebesar Rp4.800.000 per mahasiswa per semester. Uang saku pribadi beasiswa Bank Indonesia mencapai Rp6.000.000 per mahasiswa per semester. Uang saku ini bisa digunakan mahasiswa untuk membeli HP, laptop, bahkan sebagai uang jajan.

Angelinus mengatakan, pihak kampus terus menjalankan tanggung jawab sosial untuk pembangunan sumber daya manusia, peningkatan partisipasi masyarakat bidang pendidikan tinggi, turut serta mencerdaskan kehidupan dan bangsa, serta menopang kebangkitan derajat kehidupan dan perekonomian masyarakat.

“Kami menyampaikan selamat, proficiat buat para mahasiswa sekalian yang telah berhasil meraih berbagai jenis Beasiswa di kampus Unipa. Pada waktu-waktu yang lalu rasanya banyak orang masih pesimis tentang kemungkinan untuk mengakses dana-dana beasiswa khususnya bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu,” ungkap Angelinus.

Di samping itu, Rektor Angelinus meminta agar penerima beasiswa meningkatkan lagi prestasi belajarnya.

“Tidak hanya tentang nilai-nilai IPK, kami juga mengharapkan agar bisa dikembangkan berbagai talenta, minat dan bakat mahasiswa masing-masing agar lebih baik lagi, sebagai persiapan turun ke tengah masyarakat nanti,” pungkasnya.

TERKINI
BACA JUGA