Bupati Nagekeo Minta 155 Pemuda Jadi Satpam Ramah Anak

Mbay, Ekorantt.com – Bupati Nagekeo Yohanes Don Bosco Do meminta 155 pemuda sebagai peserta pelatihan satuan pengaman (Satpam) sekolah dapat bersikap humanis dan ramah anak kelak ditugaskan di lembaga pendidikan.

“Ini (pelatihan satpam) merupakan yang pertama kalinya. Diharapkan bisa terlaksana dengan baik dan menghasilkan security yang profesional, humanis, dan ramah anak di sekolah masing-masing,” ujar Bupati Don dalam rilis Protkompim Nagekeo saat membuka pelatihan di Aula Setda, Jumat, 8 September 2023. 

Pelatihan Security Sekolah Gada Pratama Gelombang XIII Polda NTT yang merupakan kerja sama Polda NTT dan Pemkab Nagekeo itu dilaksanakan mulai 8-19 September 2023.

Secara teknis, kegiatan itu diselenggarakan Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Nagekeo kerja sama dengan PT Dewata Floresindo Sentosa Ende selaku Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUMP).

Peserta yang mengikuti pelatihan ini nantinya akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang tersebar di wilayah itu.

iklan

Pemerintah daerah menghadirkan security yang profesional agar dapat mengidentifikasi isu-isu penting di sekolah sebagaimana amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

“Nah ini saya minta para pemateri yang akan menyampaikan materi ini untuk bisa melatih keterampilan mendeteksi tanda-tanda ada yang tidak beres,” kata Bupati Don.

Adapun isu-isu yang mesti diidentifikasi sejak dini di lembaga pendidikan, sebut Bupati Don adalah isu intoleran antar sesama siswa di sekolah.

Kemudian soal perundungan (bullying) yang mana praktik premanisme oleh individu atau sekelompok siswa di sekolah juga menjadi perhatian khusus lembaga sekolah. 

Selanjutnya, isu yang menjadi perhatian bersama di lingkungan sekolah adalah soal kekerasan seksual terhadap anak. 

“Kekerasan seksual kadang bisa terjadi antara guru terhadap siswa maupun antarpelajar itu sendiri. Sejak awal ini harus disadari betul,” ujar dia.

TERKINI
BACA JUGA