Masyarakat Eban Terima Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS secara Adat

Kefamenanu, Ekorantt.com – Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Republik Demokratik Timor Leste (Satgas Pamtas RI-RDTL) Sektor Barat, Yonif 132/BS diterima secara adat oleh tokoh adat di Markas Komando (Mako), Desa Eban, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Upacara tersebut berlangsung pada Kamis (12/09/2019).

Sebelumnya, Satgas Pamtas RI-RDTL yang lama Yonif Mekanis 741/GN telah selesai bertugas selama kurang lebih 9 bulan di daerah perbatasan tersebut dan digantikan oleh Yonif 132/BS yang akan bertugas 9 bulan kedepan.

Acara tersebut dihadiri Dansatgas Yonif 132/BS, Sektor Barat, Mayor Inf. Wisyudha Utama beserta Perwira Staf dan Seluruh anggota TNI lainnya serta tokoh adat setempat di antaranya Martinus Fobia, Martinus Naben, Antonius Mamok, Milikku Tefa, Gasfar Tefa, Servesius Natun, Baselius Naben, dan Januario Neti. 

Upacara adat yang dilakukan merupakan tradisi setiap pergantian Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat yang baru.

iklan

Acara dimulai dengan pengucapan tutur adat masyarakat TTU (takanap) oleh tokoh adat di depan gerbang Mako Satgas. Setelah mengucapkan bahasa adat, tokoh adat menggandeng tangan para prajurit TNI dan langsung membawa seluruh prajurit untuk masuk ke dalam halaman Mako sebagai bukti bahwa para prajurit TNI Yonif 132/BS diterima oleh masyarakat setempat. 

Dalam sambutannya, Dansatgas 132/BS Mayor Inf. Wisyudha Utama mengucapkan terimakasih kepada tokoh adat, tokoh agama, pemerintah desa dan masyarakat setempat yang berada di sekitar Mako Satgas Sektor Barat karena telah berkenan menerima pihaknya untuk bertugas sepanjang perbatasan RI-RDTL di daerah Kabupaten TTU, Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Malaka.

“Bagaimanapun juga, kita yakin pada peribahasa orang tua, di  mana bumi di pijak di situ langit di junjung. Terima kasih sudah menerima kehadiran kami sebagai pendatang baru. Tujuan kami di sini bukan hanya menjaga patok perbatasan tapi murni dari niat kami untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Apabila masyarakat butuh bantuan, kami siap membantu,” ujar Utama. 

Mewakili masyarakat, kepala adat setempat, Januario Neti menyampaikan ucapan terima kasih atas hadirnya Satgas Pamtas Sektor Barat Yonif 132/BS. Menurutnya, selama ini satgas bukan hanya menjaga patok-patok perbatasan saja, melainkan dengan niat yang mulia hadir di wilayah perbatasan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat perbatasan dan terbukti telah membantu masyarakat dengan program-programnya berupa pembangunan rumah layak huni bagi keluarga tidak mampu, atau pembuatan sumur resapan bagi masyarakat. Itu semua dilakukan dengan tuntas.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI dari Yonif 132/BS. TNI di sini sangat diterima masyarakat perbatasan. Karena menurut saya, TNI adalah benteng pertahanan NKRI untuk menjaga kami dan mengayomi seluruh rakyat,” jelas Neti.

Santos

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA