Kades Manulondo Minta Pemkab Ende Segera Bayar Gaji Aparat Desa

Ende, Ekorantt.com – Kepala Desa Manulondo, Paternus Baghi meminta Pemerintah Kabupaten Ende untuk segera membayar gaji aparat di desanya.

Dana ADD untuk membiayai penghasilan aparat di desanya, jelas Paternus, belum dicairkan hingga akhir Mei 2020.

“Sekarang banyak bantuan bagi masyarakat. Baik BST, BLT, PKH dan itu murni untuk masyarakat. Aparat desa hanya benar-benar menunggu honor. Sampai sekarang belum dicairkan. Saya minta pemerintah kabupaten bisa memikirkan nasib kami di desa,” ungkap Paternus di sela-sela launching Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Nanganesa pada Kamis (28/5/2020).

(Baca juga: Launching BLT DD, Bupati Djafar: Jangan Pakai untuk ‘Wuru Mana’)

Ia menuturkan, selama pandemi Covid-19, jam kerja aparat di desa bertambah. Tidak hanya mengurus administrasi di kantor desa, mereka juga masuk dalam tim Satgas Covid-19.

iklan

Sebagian aparat desa mengurus posko Covid-19 secara bergiliran, sebagiannya lagi sibuk mendata warga desa yang terdampak Covid-19.

Namun sayangnya, aparat desa di Kabupaten Ende belum mendapatkan gaji atau penghasilan tetap dari dana ADD sejak Januari hingga akhir Mei 2020.

Wakil Ketua DPRD Ende, Erikos Emanuel Rede saat dikonfirmasi media mengatakan, masalah keterlambatan pencairan ADD dan DD di Kabupaten Ende sudah sering dibahas di rapat dewan.

“Kita sudah Sering panggil pihak Dinas PMD. Di tengah pandemi seperti ini, pemerintah mesti serius untuk percepat pencairan ADD. Kasian aparat desa, mereka punya pekerjaan lebih di masa pandemi ini. Tapi hak-hak mereka sudah sangat terlambat di bayarkan. Akan kita panggil pihak PMD,” tegas Erikos

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA