PGRI Flotim Ajak Guru di NTT Lomba Menulis Feature

Larantuka, Ekorantt.com –
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kabupaten Flores Timur mengajak para guru di Nusa Tenggara Timur untuk mengikuti lomba menulis feature. Giat ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021.

Lomba yang mengangkat tema perjuangan siswa, guru, kepala sekolah, orang tua dalam menciptakan iklim pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 ini, diluncurkan secara virtual dari Sekretariat PGRI Flores Timur, Senin (26/4/2021).

Ketua PGRI Flores Timur, Maksimus Masan Kian, mengajak guru-guru se -NTT untuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi positif ini. “Bapak ibu guru se-NTT silahkan manfaatkan ruang kreasi ini, menuangkan cerita pengalaman yang menarik sepanjang pembelajaran di tengah Covid-19,” ujarnya.

Masan Kian memastikan segenap pengurus PGRI Flores Timur terus berupaya memfasilitasi potensi dan kreasi yang dimiliki para guru. Tentunya karya terbaik akan menginspirasi guru se-Nusantara.

“Mari belajar bersama, saling memotivasi, menguatkan dan menginspirasi, salah satunya melalui shering karya tulis feature,” pinta Masan Kian.

iklan

Untuk diketahui sub tema lomba, yakni perjuangan siswa saat belajar dari rumah (BDR), perjuangan guru dan mengunjungi dan mendampingi siswa saat BDR, gagasan inovatif kepala sekolah dalam menciptakan iklim belajar, dan peran orang tua menciptakan iklim belajar di lingkungan.

Adapun kriteria lomba menulis feature yakni, pertama, lomba penulisan karangan khas (feature) dibuka untuk guru se-Nusa Tenggara Timur, kedua karya feature harus yang asli, tidak duplikat atau replikatif
Ketiga karya belum pernah atau sedang diikutsertakan dalam lomba apapun dan belum pernah dipublikasikan,

Keempat, tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kelima peserta bukan pengurus PGRI Kabupaten Flores Timur. Keenam, peserta dapat mengirim maksimal 3 naskah, ketujuh Naskah diketik dengan huruf Times News Roman, ukuran huruf 12, spasi 1.5.

Kedelapan, jumlah kata 400-1700 kata, kesembilan, pengiriman Karya melalaui, em@il; pgriflotim@gmail.com mulai tanggal 26 April hingga 30 Mei 2021. Kesepuluh, setiap peserta wajib melampirkan identitas, yakni nama lengkap, asal sekolah, alamat, email, nomor WhatsApp, NIK dan nomor rekening.

Kesebelas, pengumuman hasil lomba melalui email masing-masing pemenang, akun facebook PGRI Flores Timur, youtube PGRI Flores Timur dan Mobile PGRI Flores Timur pada bulan Juni 2021.

Keduabelas, pemenang I, II, dan III berhak mendapatkan piagam penghargaan dari Ketua PGRI Kabupaten Flores Timur dan uang tunai. Pemenang 10 besar juga berhak mendapatkan piagam penghargaan.

Ketigabelas, naskah tulisan yang masuk menjadi hak PGRI Flores Timur untuk dibuatkan buku ber-ISBN. Keempatbelas, keputusan dewan juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat. Panitia berhak menggugurkan pemenang apabila karyanya diketahui tidak sesuai dengan kriteria lomba.

PGRI Kabupaten Flores Timur juga mempercayakan tiga orang juri diantaranya, wartawan Kompas, Fransiskus Pati Herin, penulis/dosen Undana Kupang, Marsel Robot, dan penulis/seniman, Silvester Petara Hurit.

Yurgo Purab

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA