SMPK Frater Maumere Gelar Nataru Bersama, Ini Pesan Uskup Edwal

Maumere, Ekorantt.com – Lembaga pendidikan SMPK Frater Maumere menggelar Natal dan Tahun Baru (Nataru) bersama di Aula Mardi Wiyata Maumere, Selasa (11/01/2022).

Uskup Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, Pr didampingi Pastor Paroki Katedral St Yosef Maumere RD Yohanis Satu memimpin perayaan Nataru bersama itu.

Dalam kotbahnya, Uskup Edwal menggarisbawahi dua pesan Natal bagi lembaga pendidikan asuhan Frater BHK ini. Pertama, Natal sebagai warta sukacita batin, pikiran  dan tindakan murid Yesus.

“Tidak ada Natal tanpa Rahmat Allah dan kita mensyukuri pertama-tama rahmat dan dalam renungan batin yang dalam kita membawa pengalaman Betlehem dalam hati, tugas bahkan dalam impian dan cita-cita kita,” ujar Uskup Edwal.

Kedua, lanjut Uskup, Natal sebagai kesempatan untuk menyatakan belaskasih dan pertolongan bagi orang-orang yang sudah dan sangat membutuhkan uluran tangan kita.

iklan

“Kita tidak bisa hidup dalam kemewahan dan keangkuhan hati lantas kita tidak terbuka hati untuk menolong sesama yang berkekurangan. Sebaliknya, seperti pesan Rasul Petrus kita terpanggil untuk tetap bersaudara dalam semangat cinta Kristus sendiri,” tutut Uskup.

Mantan Praeses Seminari Tinggi Ritapiret ini mengatakan Kongregasi Frater BHK dengan Yayasannya dikenal karena karya-karya pastoralnya di tengah masyarakat Maumere.

“Satu karya yang sangat mengharumkan nama gereja adalah dunia persekolahan atau bidang pendidikan,” tandas Uskup.

Uskup asal Bajawa ini menambahkan bahwa ada karunia dan karisma yang luar biasa yang tidak saja karena prestasi tingkat nasional dan internasional tetapi karena kesetiaan pada jalan-jalan kecil yang dilaluinya pada setiap lorong keheningan yang dimaknai para Frater BHK dalam kerjasama dengan para guru, orang tua murid dan peserta didik.

“Kita bersukacita karena Tuhan senantiasa lahir dalam kesetiaan para Frater sebagai orang dalam biara ini serta lahir dalam kepatuhan dan ketaatan para guru sebagai gembala awam terbaptis yang tangguh dan punya dedikasi tulus,” tandas Uskup.

Kepala SMPK Frater Maumere Frater M. Herman, BHK dalam sambutannya mengatakan kerendahan hati Yesus Kristus yang menjelma menjadi manusia hina di Kandang Betlehem hendaknya menjadi panutan bagi kita dalam hal apa saja.

“Saya mengajak kita untuk menjadikan moment Natal dan Tahun Baru sebagai moment refleksi dan juga berusaha memiliki semangat rendah hati seperti yang telah ditunjukkan Yesus Kristus,” kata Biarawan Frater BHK asal Lembata ini.

Untuk diketahui, Perayaan Ekaristi Nataru bersama yang mengusung tema ‘Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan’ ini dihadiri Kepsek SMPK Frater Maumere Frater M.Herman, BHK, Kepala SMAK Frateran Maumere Frater M. Oswaldus, BHK, para Frater Novis, para guru dan 1038 peserta didik SMPK Frater Maumere.

Usai Perayaan Ekaristi, para guru dan peserta didik SMPK Frater mengungkapkan kegembiraan  Nataru dalam tarian Ja’i bersama uskup Edwal.

Selain itu para peserta didik menyuguhkan beberapa buah lagu Natal, Dramatisasi Puisi berjudul Kelahiran Yesus membawa pertobatan dan kedamaian. Juga Musikalisasi puisi berjudul Berkaca di Cermin Kehidupan Dunia.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA