SMPK Adi Sucipto Juara Lomba Cerdas Cermat Matematika FKIP Unwira

Kupang, Ekorantt.com – SMPK St. Adi Sucipto Kupang, berhasil meraih juara Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) ke-5 yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang.

SMPK St. Adi Sucipto Kupang berhasil mengungguli sekolah lainnya di Kota Kupang. Di antaranya, SMPN 2 Kupang, SMPK Giovanni, SMPK St. Theresia, SMPK St. Yoseph Naikoten, SMP Dian Harapan, SMP Lentera Harapan, SMP Kristen Tunas Gloria dan SMP Katolik Rosa Mistika.

Dekan FKIP Unwira Kupang Damianus Talok mengatakan, kegiatan LCCM ke-5 ini terjadi berkat kolaborasi yang baik dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dengan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Damianus menjelaskan, kegiatan LCCM ke-5 ini mengambil tema “Mengintegrasikan Prestasi dan Intelektual Demi Mewujudkan Generasi Milenial Matematis”.

Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat membangun kembali karakter kompetitif dalam mengintegrasikan konsep Matematika.

iklan

“Kita bersyukur karena LCCM tahun ini merupakan suatu momentum untuk bangkit mengembangkan potensi, mengambil dan merebut kembali seluruh kesempatan yang pernah hilang,” ujar Damianus pada 28 September 2022.

Sementara itu, Ketua Program Studi Matematika, Aloysius Joakim Fernandez, secara terpisah mengatakan, LCCM ke-5 diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 26-28 September 2022 dan diikuti 9 sekolah dari 19 sekolah yang diundang.

“Kami menyampaikan terima kasih bagi sekolah-sekolah yang telah berpartisipasi di tengah jadwal yang padat di sekolah masing-masing,” ungkap Fernandez.

Fernandez menjelaskan, kegiatan LCCM ke-5 yang berlangsung selama tiga hari ini, para peserta mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Hal ini terlihat dari peserta yang mampu menerapkan strategi untuk memperoleh dan mempertahankan nilai.

“LCMM ke-5 berlangsung sangat meriah dan kompetitif. Jika dilihat bahwa ada tingkatan soal yang dipakai dari setiap babak. Tim penyusun soal juga menerapkan soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills),” tuturnya.

Dirinya berharap, kegiatan Lomba Cerdas Cermat Matematika yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Matematika dapat melibatkan peserta dari seluruh sekolah di daratan Pulau Timor.

“Ke depannya kita berkeinginan untuk mengundang sekolah-sekolah sedaratan Pulau Timor untuk kegiatan di tahun-tahun berikutnya,” harapnya.

Patrik Padeng

TERKINI
BACA JUGA