Perkuat Penelitian, Unika St. Paulus Ruteng Bangun Kerja Sama dengan University of Colorado Boulder

Diketahui, kerja sama ini dibuktikan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) secara daring pada Selasa, 26 Maret 2024.

Ruteng, Ekorantt.com – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng membangun kerja sama dengan University of Colorado Boulder, College of Arts and Sciences Amerika Serikat.

Rektor Unika Ruteng Dr. Maksimus Regus mengatakan, kerja sama itu bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dalam bidang penelitian, publikasi ilmiah, pengajaran, dan pelatihan penelitian.

Ia mengatakan, Unika St. Paulus Ruteng dan University of Colorado Boulder menyepakati komitmen untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengajaran melalui kerja sama yang erat.

“Salah satu fokus utama dari kerja sama ini adalah kolaborasi dalam penelitian lintas disiplin,” kata Maksimus dalam keterangan yang diterima awak media, Kamis, 28 Maret 2024.

iklan

Kedua universitas akan saling berbagi pengetahuan dan keahlian dalam berbagai bidang, mulai dari ilmu alam hingga ilmu sosial.

Tujuan lain, kata Maksimus, tentu saja untuk menghasilkan penemuan-penemuan baru yang berdampak signifikan bagi masyarakat global.

Ia berharap di balik kolaborasi ini akan menghasilkan proyek-proyek penelitian bersama yang inovatif dan relevan.

Kerja sama ini juga melibatkan pertukaran publikasi ilmiah antara Unika St. Paulus Ruteng dan University of Colorado Boulder.

Dengan saling mempublikasikan hasil penelitian di jurnal-jurnal ilmiah yang diakui secara internasional, para peneliti dari dua universitas akan memiliki akses yang lebih besar terhadap pengetahuan dan temuan terbaru dalam bidang masing-masing.

“Pengajaran juga menjadi aspek penting dari kerja sama. Kedua universitas akan bekerja sama dalam mengembangkan kurikulum yang inovatif dan relevan dengan tuntutan zaman, yang memadukan keahlian dan pengalaman dari kedua lembaga,” jelas Maksimus.

Hal ini, menurut dia, bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin di bidang mereka masing-masing.

Kerja sama juga mencakup pelatihan-pelatihan penelitian bagi mahasiswa dan staf dari kedua universitas.

Melalui workshop, seminar, dan program pelatihan lainnya, mereka akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan metodologi penelitian, analisis data, dan presentasi ilmiah mereka, sehingga dapat menjadi peneliti yang lebih efektif dan produktif.

Maksimus menilai kerja sama ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas dan keunggulan Unika Ruteng di masa mendatang.

Ia bilang, kerja sama ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas penelitian dan pengajaran di Unika Santu Paulus Ruteng.

“Kami yakin bahwa melalui bekerja sama dengan University of Colorado Boulder, kami dapat mencapai tingkat keunggulan baru dalam dunia akademik,” kata Maksimus.

Unika Ruteng, kata dia, sangat antusias untuk berkolaborasi dengan University of Colorado Boulder dalam upaya meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan.

“Saya berharap dapat menciptakan hubungan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan antara kedua lembaga,” pungkas Maksimus.

Diketahui, kerja sama ini dibuktikan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) secara daring pada Selasa, 26 Maret 2024.

Kedua pimpinan universitas masing-masing Rektor Unika Ruteng Dr. Maksimus Regus dan Dekan College of Arts and Sciences University of Colorado Boulder Profesor Glen Krutz hadir dalam acara penandatanganan MoU.

TERKINI
BACA JUGA