BUMDes Ori Tite Kelola Stadion Desa Birawan

Nun di Pantai Selatan, daratan Pulau Flores kini berdiri sebuah stadion mini megah dan asri milik Pemerintah Desa Birawan. Desa Birawan masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Ile Bura, Kabupaten Flores Timur.

Di bawah kepemimpinan Tarsisius Buto Muda, sang kepala desa, Desa Birawan melejit menjadi salah satu desa yang kini bergerak maju pembangunannya.

Salah satu pembangunan fisik desa yang telah rampung adalah stadion desa. Stadion ini dibangun dengan menggunakan dana desa tahun 2017.

Ada pun maksud stadion ini dibangun  adalah untuk mendukung bakat dan minat generasi olahraga muda di desa. Pembangunan itu juga merupakan impian seluruh masyarakat Desa Birawan.

Asis Muda kepada EKORA NTT, Selasa (21/11/2017) menjelaskan pembangunan stadion olahraga di desanya adalah bagian dari ikon kecamatan. Hal itu karena ibu kota kecamatan Ile Bura ada di Birawan.

iklan

“Kami bangun stadion ini sudah melalui proses yang panjang, dari urun rembuk sampai pelelangan kepada kontraktor. Dari beberapa yang ikut tender dalam pengerjaan pembangunan stadion ini yang keluar sebagai pemenang tender adalah CV Gempa Flores dari Boru, Flores Timur,” kata Asis.

Asis menambahkan pagu anggaran untuk pembangunan stadion itu sebesar Rp 333.602.000, bersumber dari dana desa tahun 2017. Pelaksanaan proyek selama 90 hari kalender kerja.

Saat ini kondisi stadion sudah seratus persen selesai. Asis lebih jauh menjelaskan saat ini segala material sisa dari pembangunan stadion dimanfaatkan untuk pembangunan talut di desanya.

Stadion ini nantinya akan diserahkan pengelolaannya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDEs) Ori Tite dari desa Birawan. Ada banyak persiapan yang tengah dirancang oleh para pengelola BUMDes untuk membuat even olahraga tahunan yang bakal melibatkan masyarakat se-Kabupaten Flores Timur.

Menurut Asis rencana yang lagi dirancang oleh pihak BUMDes di desanya sudah pasti mendongkrak ekonomi warga desa dan pendapatan asli desanya sudah pasti meningkat.

Apa yang kami kerjakan dengan membangun stadion ini masih masuk kategori empat prioritas penggunaan dana desa tahun 2017, salah satunya adalah Sarana Olahraga dan pengembangan BUMDes.

Laurensius Lewar, pegawai pada Kantor Camat Ile Bura mengatakan belakangan ini Desa Birawan maju pesat dengan berbagai pembangunan dan pemberdayaan.

“Saya pribadi lihat ada kerjasama yang luar biasa dari pemerintah desa dan warga,” katanya.

Mengenai pembangunan stadion olahraga, Lewar menilai terobosan itu sungguh luar biasa. Sebab Pemdes Birawan memberi ruang kepada generasi muda dan warga seluruh Kecamatan Ile Bura untuk mengembangkan minat dan bakat olahraga.

“Kami yakin sekali desa kami akan sangat ramai karena adanya even-even olahraga yang tentunya ikut mendongkrak ekonomi desa,” ujar Lewar.

Sementara itu Viktor Ena, Sekretaris TPK yang juga warga desa Ile Bura mengaku senang dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Pemdes Birawan. Apresiasi itu disampaikan karena Pemdes sudah merespon usulan warga untuk pembangunan stadion.

“Harapan saya semoga kawan-kawan di BUMDes bisa bekerja maksimal untuk mengelola stadion milik desa ini,” ungkap Viktor. 

Hengky Ola Sura

TERKINI
BACA JUGA