Pemdes Ulupulu 1 Salurkan 111 Kambing untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

Mbay, Ekorantt.com – Pemerintah Desa Ulupulu 1, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo menyalurkan 111 bibit kambing kepada masyarakat sebagai penerima manfaat yang dialokasikan dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022.

“Kami prioritas kepada 37 warga yang sama sekali belum menerima bantuan apapun baik bantuan langsung tunai (BLT) maupun bantuan sosial lainnya,” ujar Kepala Desa Ulupulu 1 Emilianus Meze, Sabtu (12/11).

Emilianus mengatakan bantuan bibit kambing tersebut dialokasikan 20 persen atau Rp136 juta dari Rp827.260.000 dana desa untuk kepentingan ketahanan pangan nabati dan hewani.

Prioritas penggunaan dana desa tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup masyarakat pasca Covid-19 serta penanggulangan kemiskinan.

“Masing-masing penerima mendapat tiga ekor kambing; dua betina dan satu jantan. Kami salurkan secara bertahap, ada tiga tahap,” ujar dia.

iklan

Program ketahanan pangan desa, kata dia, merupakan turunan program ketahanan pangan nasional untuk mendukung ketersediaan pasokan dan stabilitas harga bahan pangan di tengah ancaman isu global.

Emilianus menuturkan penguatan ketahanan pangan juga bertujuan untuk mengendalikan angka inflasi, sehingga mampu menjaga daya beli masyarakat desa.

“Jadi, itulah tujuan pemerintah mengalokasikan 20 persen untuk ketahanan pangan,” kata Emilianus menambahkan.

Dengan itu, ia berharap bantuan ternak kambing yang disalurkan kepada penerima manfaat dapat berkembangbiak dengan baik untuk menjamin harapan pemerintah dalam rangka meningkatkan ekonomi dari dalam keluarga.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA