Bupati Ngada Tunda Pelantikan Kades Uluwae, Fabianus: Saya Hanya Menunggu

Bajawa, Ekorantt.com – Kepala Desa Uluwae terpilih Fabianus Rue Rani masih menunggu pelantikan yang ditunda oleh Bupati Ngada Andreas Paru.

”Saya masih menunggu sampai sekarang sejak pak Bupati janji lantik pada awal Januari,” ujar Fabianus, Selasa pekan lalu.

Fabianus sebenarnya dilantik bersama 93 kepala desa terpilih lainnya pada Kamis, 29 Desember 2022 lalu namun pelantikan kepadanya ditunda lantaran adanya protes oleh kandidat lain mengenai perselisihan surat suara.

Perselisihah surat suara, lanjut dia, sudah diselesaikan di tingkat desa dengan diterbitkan berita acara klarifikasi pengaduan yang ditandatangani oleh panitia pilkades setempat.

Namun, Bupati Andreas memutuskan penundaan pelantikan terhadapnya.

iklan

Informasi ini Fabianus peroleh dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perampuan dan Perlindungan Anak (PMDP3A) Ngada Yohanes C.W Ngebu yang juga sebagai Ketua Panitia Pilkades tingkat kabupaten.

“Tanggal 27 Desember itu saya dapat undangan, tapi besok informasi lain lagi katanya ditunda. Saya dapat informasi yang beredar di sini,” ujarnya.

Fabianus telah menelepon Kadis Yohanes untuk mengonfirmasi informasi itu. Bahkan ia bersama timnya telah menemui Bupati Andreas untuk memastikan pokok persoalan serta jadwal pelantikan.

Dalam pertemuan bersama Bupati Andreas, lanjut dia, disampaikan bahwa kebijakan penundaan pelantikan itu setelah menerima laporan dari ketua panitia kabupaten bahwa ada poin yang menyatakan kekeliruan.

“Sehingga itu menjadi dasar terjadi penundaan pelantikan,” kata Fabianus, sebagaimana penjelasan Bupati Andreas kepada pihaknya.

“Lalu pak Bupati bilang akan melantik pada awal Januari, tapi sampai sekarang belum ada informasi,” sambung dia.

Meski belum ada kepastian jadwal pelantikan, Fabianus tetap menunggu janji Bupati Ngada Andreas Paru terhadapnya.

Untuk diketahui, Panitia Pemilihan Kepala Desa Uluwae telah menetapkan Fabianus Rue Rani sebagai calon terpilih.

Dari total suara sah dengan jumlah pemilih 784, Fabianus memperoleh 342 suara. Sedangkan kandidat lain atas nama Yosep Nasa Djawa memperoleh 338 suara.

Kepala Dinas PMDP3A Kabupaten Ngada Yohanes C.W Ngebu belum merespon terkait permasalahan penundaan pelantikan setelah media ini mengonfirmasinya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA